Pengetahuan tentang Pengaturan Uang di Usia Muda

Yakinkah Anda telah melakukan cara mengatur keuangan dengan baik? Keuangan pribadi merupakan pengaturan keuangan individu atau keluarga. Hal ini berarti Anda mampu membayar pengeluaran sehari-hari sekaligus hal-hal darurat dan masih dapat menabung sebagian dari penghasilan Anda untuk investasi dan masa pensiun.

Keuangan pribadi, sayangnya, bukanlah subyek yang diajarkan di sekolah, karenanya banyak orang yang tidak tahu cara mengatur keuangan mereka.
Kesalahan pengaturan keuangan sangat kritis jika Anda ingin mencapai kebebasan finansial, ini tidak hanya eksklusif bagi para muda karena ada pula orang dewasa yang membahayakan dana pensiun mereka karena kurangnya pengetahuan akan pengaturan uang. Berikut beberapa tanda yang akan membuat Anda berpikir dua kali.

1.  Anda Terus Menunggu Gaji Datang

42-1-225x300

Masih lima hari hingga hari gajian dan Anda bertahan hanya dengan beberapa puluh ribu rupiah untuk makan dan transport setiap hari. Di mana saat Anda menerima gaji, Anda menghabiskannya dengan membeli kopi yang mahal dan hal-hal lain yang tidak Anda butuhkan. Yah, Anda bahkan tidak memiliki anggaran.

2.  Anda Tidak Memiliki Rekening Tabungan

rekening tabungan

Tidak! Rekening gaji tidak dihitung. Penting bagi semua orang untuk memiliki rekening tabungan agar dapat menyimpan dana darurat. Para ahli menyatakan bahwa dana darurat seharusnya minimal berisi uang sejumlah 3-6 kali gaji untuk mengatasi situasi darurat atau perubahan tak terduga. Dana darurat digunakan saat mobil Anda tiba-tiba mogok atau Anda harus membayar biaya rumah sakit untuk mengobati suatu penyakit atau lebih buruk lagi, karena Anda berhenti bekerja atau kehilangan pekerjaan. Atau harus membayar hipotek rumah, Anda akan memerlukan uang tersebut untuk membayar pengeluaran-pengeluaran Anda. Orang yang berada dalam belitan masalah keuangan tidak memiliki dana darurat sehingga mereka meminjam uang atau melakukan kan bon, dan karenanya semakin terbelit hutang.

3.  Tidak Mampu Membayar Tagihan Kartu Kredit

tagihan kartu kredit
Lebih buruk lagi jika Anda hanya membayar minimum setiap kali Anda mendapat tagihan kartu kredit. Anda dapat dibebani oleh hutang kartu kredit ini selama 5 tahun, atau bahkan 10 tahun untuk pembelian yang Anda lakukan baru-baru ini. Dan jika jawaban terhadap masalah keuangan Anda adalah dengan mengajukan aplikasi kartu kredit baru karena kartu Anda saat ini telah mendekati atau mencapai batas, maka tak diragukan lagi Anda terjun menuju sebuah krisis keuangan!

4.  Anda Bergantung pada Orang Tua Saat "Hari Hujan"

hari hujan 

Hal yang paling buruk tentang minimnya uang saat darurat adalah keterpaksaan meminta uang untuk menutupi kebutuhan darurat tersebut. Dan sering kali, kita bertanya pada Ayah atau Ibu apakah mereka dapat meminjamkan uang, tidak ada yang salah dengan hal ini – kita semua melakukannya setidaknya selama 18 tahun tetapi jika Anda baru bekerja selama setahun, bagaimana Anda dapat membayar kembali uang yang Anda pinjam dari mereka?

5.  Anda Bahkan Tidak Memikirkan Pensiun Sama Sekali

42-5-300x300-min

Bagaimana dengan dana pensiun Anda? Anda mungkin masih muda, tetapi sekaranglah saat yang tepat untuk memikirkan dana pensiun Anda. Jika rencana pensiun Anda meliputi memenangkan lotere, maka Anda dalam masalah. Sebagian orang menghabiskan uang untuk membeli tiket lotere dengan harapan rejeki nomplok akan menimpa mereka dan menjadi cara memenuhi kebutuhan mereka saat pensiun.

Kesimpulan

Jika Anda entah bagaimana menemukan diri Anda sendiri dalam salah satu situasi di atas, belum terlambat untuk mempelajari seni menunda kepuasan. Kontrol diri adalah cara terbaik. Jika Anda tidak mampu membeli sesuatu, tunggulah sampai Anda memiliki uang tunai cukup untuk membayarnya. Jika Anda merupakan profesional muda tanpa tanggungan, bukan tidak mungkin bagi Anda menyisihkan Rp1 juta untuk ditabung setiap bulan.
Bagaimana Anda dapat melakukannya? Mulailah mencatat pengeluaran Anda yang tidak boleh melebihi pendapatan. Buat daftar ke mana saja Anda membelanjakan uang Anda selama sebulan dan lihat bagian mana yang dapat Anda kurangi. Jika saja Anda membatasi minum-minum yang tidak perlu atau berpikir dua kali sebelum membeli iPhone baru, Anda sudah akan menabung banyak!

Belajarlah membuat anggaran dan hidup sesuai kemampuan untuk menghindari musibah finansial!

Referensi : Dari berbagai sumber

0 comments