Minggu, 07 Februari 2016

Keuntungan Membuka Deposito

BY Rochmat Aldy Purnomo IN , No comments

Banyak individu berpandangan bahwa investasi deposito itu minim keuntungan. Padahal berinvestasi deposito dapat dilakukan siapa saja dan juga rendah risiko namun anda tetap bisa meraih keuntungan. Apalagi jika investasi ini dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang. Jangka waktu yang ditawarkan oleh bank bervariasi, dari mulai 1, 3, 6, 12, atau 24 bulan.
Keuntungan yang anda peroleh dari berinvestasi deposito bisa berlipat-lipat karena bunganya akan terus bertambah. Dalam deposito, biasanya bunga dibayarkan pada akhir periode investasi. Berbeda dengan rekening tabungan biasa, di mana bunganya dihitung setiap hari dan biasanya dibayarkan pada anda tiap akhir bulan. Berinvestasi deposito sangat mudah dilakukan, dan anda bisa melakukannya kapan saja. Sebelum memutuskan untuk memilih investasi ini, kenali dahulu nilai lebih berinvestasi deposito.

1. Bunga lebih tinggi dari tabungan

deposito
Sekilas investasi deposito mirip dengan menabung. anda hanya meletakkan sejumlah uang di bank dan menunggu periode deposito berakhir, kemudian menerima sejumlah bunga. Memang caranya sama tapi hasil yang diperoleh jelas berbeda. Bunga deposito pun lebih tinggi daripada bunga tabungan. Apalagi jika memilih deposito syariah. Ada beberapa bank yang memberlakukan sistem deposito dengan saldo awal minimum Rp1 juta, anda sudah bisa menginvestasikan dalam jangka panjang karena tersedia tenor yang bervariasi mulai dari 1-12 bulan, 18 bulan dan 24 bulan dan selain pembayaran bagi hasil pada akhir periode penempatan, pilihan pembayaran bagi hasil juga bisa dilakukan setiap bulan atau ulang tanggal.

2. Investasi yang aman

deposito
Jangan khawatir mengalami kerugian jika berinvestasi deposito. Ketimbang investasi lain seperti properti, saham atau emas, investasi ini sangat aman. Mengapa aman? Sebab, dananya terlindungi oleh Lembaga Penjamin Simpanan. Jumlah simpanan maksimal yang terjamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan adalah Rp2 miliar. Oleh karena itu, pastikan dana anda selalu di bawah Rp 2 miliar dalam satu deposito. Selain itu, deposito juga tidak bergantung pada pergerakan pasar maupun kondisi keuangan Indonesia.

3. Syarat dan proses mudah

deposito
Berinvestasi deposito sangat mudah dan dapat dilakukan dengan cepat. Caranya, anda hanya  perlu mendatangi bank yang menawarkan fasilitas produk deposito. Selanjutnya, anda cukup memiliki rekening bank dan kartu identitas diri.

4. Bebas administrasi bulanan

deposito
Jika menabung di bank terkena biaya administrasi setiap bulannya, tidak demikian dengan deposito. Membuka deposito sama sekali bebas administrasi bulanan. Jadi, saldo utama anda di deposito tidak akan berkurang sepeser pun hingga masa jatuh tempo. Akan tetapi, bunga yang didapat dari deposito akan dikenakan pajak.

5. Tersedia variasi jangka waktu

deposito
Dalam berinvestasi deposito tersedia variasi jangka waktu. Simpanan deposito memiliki fleksibilitas dalam hal pilihan waktu. Pilihan waktu yang disediakan antara lain 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, hingga 24 bulan. Dengan demikian, anda bisa menyesuaikan kebutuhan anda dengan jangka waktu simpanan.

6. Minim risiko

deposito
Nilai lebih berinvestasi deposito yang terakhir adalah minim risiko. Anda tak perlu pusing memikirkan kurs rupiah yang sedang melemah atau terjadi inflasi karena nilai uang yang ditanamkan dalam deposito tak berdampak pada hal-hal tersebut. Di samping itu, berinvestasi deposito tak perlu membuat anda harus memutar otak demi meraih keuntungan.
Referensi :
www.aturduit.com

0 komentar:

Posting Komentar