Senin, 01 Februari 2016

Seputar Persiapan Dana Pensiun

BY Rochmat Aldy Purnomo IN , No comments

Tulisan ini sebenarnya sebagai pengingat saya, karena saya merasa masih muda, hahaha (udah kepala 2 dibilang masih muda, cape deh :P). Back to topic, by the way sebagai pekerja muda, terutama untuk yang fresh graduates masih banyak waktu untuk melakukan berbagai pekerjaan. Selain bisa mendapatkan penghasilan dari pekerjaan utama, anda bisa membuka usaha atau mencari pekerjaan lain yang waktunya bisa disesuaikan dengan kesibukkan anda sehari-hari. Selain tekun dan rajin bekerja pada saat anda masih muda, jangan melupakan untuk selalu menyiapkan dana saat anda nanti memasuki masa pensiun.
Tidak akan ada kata terlalu cepat saat menyiapkan dana untuk masa pensiun anda. Kebutuhan hidup yang semakin meningkat membuat anda harus pandai mengatur keuangan, setidaknya anda bisa belajar hal tersebut dari setelah anda mendapat gaji pertama Anda yang menjadikan kebiasaan baik sampai anda di masa tua nanti.
Berikut tips yang bisa anda lakukan untuk mempersiapkan dana pensiun di masa tua nanti :
1. Segera dimulai dari sekarang!
masa pensiun

Bagi anda yang selalu mengira bahwa menabung itu bisa ditunda karena umur anda yang masih muda, itu salah! Karena sangat baik semua itu dimulai sejak awal mulai bekerja, bahkan menabung bisa anda lakukan sejak bersekolah. Mintalah bantuan dari orang terdekat seperti orang tua untuk bisa membantu anda menyimpan tabungan atau pun mengatur keuangan tiap bulannya. Minimal ada 3%-10% dari penghasilan yang bisa anda tabung tiap bulannya untuk persiapan dana pensiun.
2. Rencanakan anggaran biaya pengeluaran setiap bulannya
masa pensiun
Dengan adanya biaya pengeluaran yang terencana setiap bulannya, membuat keuangan anda tertata secara rapi, sehingga tidak membuat anda lupa diri dan akhirnya menguras seluruh pendapatan yang anda terima.
Untuk bisa lebih menghemat pengeluaran anda, mungkin makan siang anda bisa disiasati dengan membawa bekal dari rumah atau pun membeli makanan yang tidak terlalu mahal, yang menurut saya mahal, mungkin antara Rp 10.000 – Rp 15.000 untuk sekali makan.
3. Tantang diri Anda untuk menabung!
masa pensiun
Bahagia bagi anda para pekerja saat menerima penghasilan anda di tiap bulannya. Gaji tersebut sebisa mungkin, disisihkan sesuai dengan prioritas utama anda, atau sesuai dengan perencanaan yang telah saya paparkan di Seputar Resolusi Finansial. Pastinya jangan lupa untuk menabung dari hasil kerja keras anda tersebut. Buat satu tabungan khusus untuk anda menabung, sehingga setelah anda menerima gaji tiap bulannya, Anda bisa langsung mentransfer ke rekening tabungan anda tersebut. Untuk budget bersenang-senang, bisa anda sisihkan setelah semua prioritas telah terpenuhi.
4. Lunasi hutang!
masa pensiun
Keteledoran di masa dulu bisa membuat anda mempunyai hutang yang harus dibayarkan setiap bulannya. Sebaiknya lunasi hutang-hutang anda itu agar hari ke depannya penghasilan anda tidak digerogoti secara terus menerus, terutama jika anda memiliki kartu kredit, jangan sampai telat untuk membayarnya, karena bunganya membuat hutang anda menjadi tidak ada habisnya. Lebih baik juga hentikan penggunaan kartu kredit anda jika memang anda memilikinya.
5. Siapkan dana darurat
masa pensiun
Menurut beberapa obrolan dari teman-teman dosen di sekitar saya, seorang yang belum berkeluarga sebaiknya memiliki simpanan dana darurat sebesar 3 kali gaji bulanan, sedangkan untuk anda yang sudah berkeluarga, nominalnya naik menjadi 6 kali lipat gaji bulanan. Dana darurat akan menjadi penyelamat anda saat kondisi keuangan sedang memburuk.
Menyimpan dana darurat di tabungan atau deposito menjadi sebuah alternatif bagi anda mau pun orang-orang yang Anda cintai. Saat mengalami masa-masa sulit, dana darurat akan menjadi solusi terbaik
6. Investasi!
masa pensiun
Ini adalah sesuatu yang sebaiknya anda jalani, dengan berinvestasi anda bisa mendapatkan penghasilan pasif. Menyisihkan sebagian pendapatan untuk berinvestasi menjadi pilihan terbaik yang bisa Anda lakukan sejak sekarang. Anda bisa memilih investasi yang sesuai dengan minat Anda mungkin, yang terbaik adalah sesuai dengan kemampuan Anda baik untuk masalah modal maupun kesiapan Anda dalam berinvestasi.
Masa pensiun tentu harus menjadi waktu bagi anda untuk beristirahat dengan nyaman tanpa mengkhawatirkan kestabilan finansial bagi diri anda dan orang-orang yang anda sayangi.
So, what are you waiting for???... :)
Referensi :
www.aturduit.com
Obrolan teman-teman Dosen Universitas Muhammadiyah Ponorogo

0 komentar:

Posting Komentar