Bisnis dengan Modal Ekonomis, Kenapa Tidak?

Roda kehidupan pasti akan selalu berputar, itu pun berlaku ketika kita akan menjalani bisnis. Ada naik dan turunnya. Banyak mungkin ketika Anda masih mengenyam bangku pendidikan, yang memimpikan untuk menjadi pengusaha, namun seiring berjalannya waktu. Impian itu hanya menjadi sekedar impian saja, karena pada akhirnya alasan-alasan yang menurut Anda adalah alasan kuat untuk tidak melanjutkan impian itu menjadi halangan pertama untuk tidak meneruskan impian Anda tersebut.

Ada pun alasannya adalah:

Pertama, tidak tahu peluang usaha apa yang lebih menguntungkan dan lebih stabil dan terjamin daripada pekerjaan kantoran. Terjamin dalam artian di sini adalah cukup menjanjikan, setidaknya untuk kehidupan sehari-hari bahkan bulanan dalam waktu yang panjang.
Kedua, tidak ada modal atau hanya memiliki modal minim. Alasan ini adalah yang paling sering muncul, mungkin Anda termasuk saya pun menganggap semua bisnis itu membutuhkan modal yang cukup besar. Sampai pada akhirnya, diputuskan untuk mencari pekerjaan terlebih dahulu untuk mendapatkan modal di awal tersebut. Bisa dipastikan, tidak banyak yang bisa lepas dari pekerjaan tetap walaupun modal sudah terkumpul.
Alasan terakhir adalah, yang paling miris. Jika Anda sudah berkeluarga, sudah pasti membutuhkan penghasilan bulanan yang tetap dan sulit meninggalkan pekerjaan untuk bisnis yang belum tentu hasilnya. Akan berisiko besar jika meninggalkan pekerjaan dalam kondisi sudah berkeluarga. Dan hal lainnya, jika sudah terlalu sibuk dengan pekerjaan yang ada, Anda sudah tidak bisa membagi fokus untuk bisnis.
Namun, untuk Anda yang masih ingin menjalankan bisnis, ada beberapa bisnis dengan modal minim, sehingga alasan nomor dua di atas bisa teratasi. Dengan begitu, Anda bisa menjalani bisnis sampingan tanpa memikirkan modal yang begitu besar dan mungkin ke depannya, justru bisnis-bisnis ini menjadi penghasilan utama Anda.

1. Bisnis Online

modal minim
Bisnis online sesuai dengan namanya merupakan bisnis atau usaha atau pekerjaan yang dilakukan secara online. Bisnis online dapat dengan mudah berkembang karena, semakin pengguna online di seluruh dunia terus meningkat setiap harinya, melihat hal tersebut akan sangat banyak peluang yang bisa Anda dapat dari dunia internet.
Sebagai contoh: Anda bisa menjual produk sendiri di website Anda sendiri. Dengan berjualan secara online, prosesnya bisa dilakukan di mana pun selama ada akses internet. Karena itu, model bisnis juga baik jika Anda memang mempunyai kesibukan lain.

2. Usaha kuliner

modal minim
Di mana usaha kuliner tidak akan ada matinya, karena setiap orang membutuhkan makanan, dari bayi hingga orang tua. Dari kalangan bawah sampai jetset. Semua membutuhkan makanan dan minuman. Hanya Anda yang tinggal memilih apa yang Anda jual nantinya. Jika Anda bisa mengolah makanan atau minuman itu adalah salah satu point penting karena tidak perlu lagi membayar tenaga kerja untuk memasak. Namun, jika sudah mempunyai cabang yang tersebar di mana-mana, sudah tentu itu diperlukan. Dan dapat dipastikan bisnis Anda tergolong sukses dan memiliki pertumbuhan yang signifikan.
Akan tetapi, persaingan di dalam bisnis memang tinggi, sehingga makanan-makanan unik menjadi primadona untuk waktu sekarang. Anda bisa melihat, mencoba lalu memodifikasi atau bisa membuat resep baru dari tangan Anda sendiri.

3. Usaha properti

modal minim
Siapa sangka bisnis properti bisa dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar. Banyak yang tidak tahu mungkin. Bagaimana bisa bisnis properti yang berharga tinggi bisa dimulai dengan modal minim. Melihat perkembangan bisnis ini yang setiap tahun selalu naik, mulai dari harga tanah, properti seperti rumah atauapartemen, ini yang bisa dijadikan ladang usaha.
Contohnya: Anda bisa menjadi broker bagi si penjual atau pencari rumah. Dengan kesepakatan di awal, tidak dipungkiri Anda bisa mengambil untung dengan menjadi perantara. Anda bisa memasarkan properti tersebut di berbagai jejaring sosial atau website Anda sendiri. Anda juga bisa bertindak sebagai agen properti dengan bendera Anda sendiri.

4. Bisnis bidang jasa

modal minim

Banyak bidang jasa sekarang yang bisa Anda geluti bahkan hanya mengandalkan diri Anda sendiri. Tentu dengan kepercayaan penuh pelanggan kepada diri Anda, Anda bisa mengaplikasikan bisnis ini. Usaha ini paling ideal dijalankan dengan modal minim. Memang usaha ini memerlukan ketrampilan yang ada pada diri Anda. Usaha mengantar barang atau membelanjakan keperluan seseorang bisa menjadi alternatif mengisi waktu luang atau di waktu libur kerja. Sekadar memandikan hewan peliharaan atau mengajaknya jalan-jalan juga bisa dijadikan bisnis sampingan.
Contoh lainnya adalah dengan menjual jasa sebagai penulis atau desain grafis.

5. Usaha pengembang aplikasi

modal minim
Bisa dibilang banyak yang mundur sebelum mencaoba bisnis ini ketika berkaitan dengan dunia aplikasi. Berpikir nantinya akan ada bahasa pemrograman yang harus belajar dari awal untuk mengetahuinya secara detail. Padahal untuk waktu sekarang, aplikasi sangat potensial untuk menghasilkan pundi-pundi uang berupa dollar. Dan aplikasi yang sangat cocok untuk dikembangkan saat ini adalah aplikasi android, di mana tidak memerlukan ijazah sarjana untuk membuat aplikasi android.
Anda yang memang tidak mempunyai keahlian programming bisa juga buat membuat game atau aplikasi mobile kecil-kecilan.
Caranya dengan membeli template/source code dari sebuah aplikasi. Yang Anda ganti hanya teks dan desainnya. Proses ini disebut reskinning. Pasar jual beli source code untuk aplikasi mobile adalah chupamobile. Di tempat ini Anda bisa menemukan ribuan aplikasi siap edit dan siap publish. Mungkin dengan harga $99 masih tergolong mahal, namun ada satu alternatif engan pilihan terbatas di CodeCanyon dengan harga rata-rata $20.
Hanya dengan $20 untuk source code dan $25 untuk akun Google Play, Anda sudah bisa membuat game sejenis Flappy Bird atau game lainnya sendiri. Game-game tersebut bisa Anda pasangi iklan dari AdMob untuk mendapatkan penghasilan. Bagi Anda, yang masih ingat dengan game Flappy Bird. Ketika masa jayanya, game tersebut dapat menghasilkan sekitar Rp 120 juta per hari dari iklan AdMob.
Itulah beberapa bisnis yang bisa Anda pilih, terlebih masih di awal 2016, masih banyak waktu untuk menghabiskan tahun ini dengan keuntungan serta pemasukan yang berlimpah, tidak hanya dari pekerjaan tetap Anda, namun bisa juga dari bisnis sampingan Anda.

Referensi :
www.aturduit.com

0 comments