Senin, 01 Februari 2016

Seputar Kiat Mencegah Krisis Keuangan

BY Rochmat Aldy Purnomo IN , No comments

Jadi, sebelum anda benar-benar mengalami masalah dalam sektor keuangan. Maka anda harus perhatikan tanda-tanda keuangan yang terancam, agar anda bisa mencegahnya sebelum terlambat.
Mengelola keuangan memang ada seni dan taktik tersendiri, Ibarat menaklukan pertempuran (padahal penulis masih single, hahaha :P), anda harus punya strategi untuk menghadapi situasi apapun yang bisa mempengaruhi kondisi keuangan. Nah, sekarang anda bisa mengecek tanda apa saja yang muncul jika keuangan anda terancam bermasalah, dan butuh penyelesaian secepatnya.
  1. Tidak tahu ke mana uang mengalir 
    keuanganmu bermasalah
Anda memiliki uang tabungan banyak, tapi tau-tau kok habis entah kemana perginya. Maka anda butuh catatan simpel buat data pengeluaranmu, suapaya tidak terulang lagi, baik kalap belanja atau pengeluaran yang "terlupakan". Karena uang yang mengalir tanpa jejak ini akan mengancam masalah finansialmu kalo terus terulang.
  1. Tidak punya tabungan
    keuanganmu yang habis
Buat anda yang tidak punya tabungan, mulai saat ini anda harus mulai rajin menabung dan mengelola tabunganmu, karena dana ini juga akan menolong di saat kamu membutuhkan dana dadakan saat tidak ada pos anggaran yang bisa dipotong. So! mulailah menabung.
  1. Tidak bijak menggunakan kartu kredit
    tips-kartu-kredit-luar-nege
Meskipun tidak memiliki uang cash karena ada di ATM anda, jangan suka gesek sana sini itu kartu ATM nya. Gunakan dengan bijak, sesuai kebutuhan. Kartu kredit sebenarnya hanyalah membantu saat kamu tidak membawa uang tunai. Jadi bila anda bisa menggunakan ATM kamu dengan bijak, anda akan lebih hemat saat kalap belanja, karena anda ingat tidak punya uang cash. Dan belanja saat ada promo kartu kredit. Lumayan kan bisa sedikit berhemat.
  1. Tidak punya asuransi
    wallet-401080_1280
Kurangnya pengetahuan tentang pentingnya asuransi membuat asuransi sering dianggap tidak penting. Padahal memiliki asuransi membuat anda bisa mendapatkan jaminan perlindungan, baik saat sakit, ingin membiayai anak sekolah atau untuk masa hari tua. Kalau saat ini kamu tidak memiliki asuransi apapun, itu pertanda keuanganmu akan terancam bermasalah disuatu hari nanti.
  1. Utang? bukan solusi
    money_PNG3519
Saat anda kebingungan untuk membayar tunggakan utang meskipun anda memiliki pekerjaan dan penghasilan setiap bulan. Solusi yang ada hanyalah berutang lagi untuk menyelesaikan utang yang lain. Ibarat "gali lubang tutup lubang".  Ini jadi warning kalau Anda mengalami masalah keuangan, dan ini bisa jadi masalah serius. Tapi utang bukanlah solusi, karena dengan adanya utang dan tunggakan dimana-mana, pertanda keuanganmu sudah bermasalah.
  1. Tidak Punya Rencana Keuangan
    finance_-_top
Rencana keuangan sangat penting untuk mengetahui cash flow pendapatan dan pengeluaran. Tanpa rencana keuangan, dijamin anda tidak bisa mengontrol budget yang anda miliki. Akibatnya dana akan dihabiskan ke tempat yang tidak perlu dan membuat keuangan anda bermasalah.
  1. Tidak Punya Investasi
    investasi-tanah-atau-emas-y
Investasi bisa berupa properti, kendaraan pribadi, emas, deposito atau reksadana. Jika anda tidak punya satupun dari investasi yang disebutkan diatas karena selalu mengeluh kekurangan uang. Padahal anda sering menghabiskan uang untuk makan di tempat mewah atau boros berbelanja. Kalau sudah begitu, cepat atau lambat anda akan mengalami masalah keuangan, karena tidak tahu mana prioritas yang harus dilakukan.
  1. Tidak punya dana cadangan
    mengatasi-masalah-uang
Dana cadangan lebih dikenal sebagai emergency fund yaitu dana yang diambil dalam kondisi genting dan berbeda dengan tabungan. Dana ini akan digunakan tanpa harus mengganggu gugat tabungan atau pos dana lainnya. Mungkin bisa anda masukan di celengan. karena akan mudah diambil disaat genting.
Nah, sekarang coba cek keuangan anda sekarang, dan mulailah bijak mengelolanya. Mari saling mengingatkan untuk masa depan yang lebih baik :)
Referensi :
musmus.me

0 komentar:

Posting Komentar