Evaluasi Proyek Pembangunan Pemerintah ( Studi Kasus Proyek Jembatan Suramadu )


Rochmat Aldy Purnomo, Zara Rosalia Putri, Galih Satria Permadi



Indonesia sebagai sebuah negara berkembang terus memacu pertumbuhan ekonominya agar semakin dapat menyejahterakan rakyatnya di masa ini maupun di masa yang akan datang. Usaha untuk terus bertumbuh salah satunya adalah dengan proyek-proyek pemerintah yang dapat menunjang kegiatan perekonomian di negara ini. Namun proyek-proyek pemerintah tersebut bukannya tanpa kesulitan, karena terdapat kesulitan dalam pelaksanaannya baik dalam hal manfaat sebagai alat ukur yang efektif bagi perbaikan taraf hidup masyarakat, maupun dalam pencapaiannya (Anwar, 2011:7).

Pembangunan di Indonesia seharusnya dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan masyarakat agar mampu menolong diri sendiri, yang dapat dilakukan dengan memberdayakan dan menempatkan masyarakat sebagai pelaku pembangunan itu sendiri. Selain itu, pembangunan hasruslah berwawasan kearifan lokal sebagai salah satu usaha dalam menguatkan potensi lokal yang dimiliki sekaligus untuk menguatkan daya saing. Produk dengan dasar kearifan lokal akan mempunyai ciri khas atau trademark yang menjadikan produk tersebut lain daripada yang lain...



Pembangunan nasional diharapkan dapat kemanfaatan riil yang dapat dinikmati oleh seluruh warga negara dalam jangka panjang, sehingga diperlukan sebuah usaha analisis dan evaluasi yang cermat dan komperhensif terhadap suatu rencana pembangunan, agar pembangunan tidak memboroskan sumber daya yang dapat merugikan negara dan masyarakat. Berbagai informasi dalam evaluasi dikumpulkan untuk menentukan apakah proyek akan berjalan sesuai dengan rencana, dan apakah suatu proyek sesuai dengan tujuan program serta apkaah proyek sesuai dengan waktu yang ditentukan. Evaluasi proyek diharapkan dapat memberikan informasi untuk mengembangkan proyek yang meliputi pembangunan dan pelaksanaannya. 

II. TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Evaluasi Proyek
Evaluasi proyek adalah melihat perkembangan kemajuan proyek, dibandingkan dengan rencana apa sudah perkembangannya, bila menyimpang sejauh mana penyimpangan misal proyek pembangunan jalan, rencana selesai 100% dalam tempo 3 bulan. kemudian pada bulan ke 2 diadakan evaluasi proyek, ternyata baru selesai 50 %, berarti ada penyimpangan keterlambatan.

2.2 Studi Kelayakan Bisnis
Study kelayakan bisnis, yaitu membuat study suatu bisnis, apa saja peluang yg ada, apa tantangan yg akan terjadi, berapa modal yg dibutuhkan dan akhirnya bisnis tersebut menguntungkan tau rugi. Bila untung berapa, apakah keuntungan seimbang dg biaya yg dikeluarkan, dan akhirnya apakah proyek tersebut layak atau tidak.

2.3 Infrastruktur
Infrastruktur sebagai fasilitas-fasilitas fisik yang dikembangkan atau dibutuhkan oleh agen-agen publik untuk fungsi-fungsi pemerintahan dalam penyediaan air, tenaga listrik, pembuangan limbah, transportasi dan pelayanan-pelayanan lainnya untuk memfasilitasi tujuan-tujuan ekonomi dan sosial. Sistem Infrastruktur merupakan pendukung utama fungsi-fungsi sistem sosial dan sistem ekonomi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat (Stone, 2003).

Infrastruktur merupakan roda penggerak pertumbuhan ekonomi. Dari alokasi pembiayaan publik dan swasta, infrastruktur dipandang sebagai lokomotif pembangunan nasional dan daerah. Secara ekonomi makro ketersediaan dari jasa pelayanan infrastruktur mempengaruhi marginal productivity of private capital, sedangkan dalam konteks ekonomi mikro, ketersediaan jasa pelayanan infrastruktur berpengaruh terhadap pengurangan biaya produksi (Kwik Kian Gie, 2002).

Sistem infrastruktur dapat didefinisikan sebagai fasilitas- fasilitas atau struktur-struktur dasar, peralatan-peralatan, instalasi-instalasi yang dibangun dan yang dibutuhkan untuk berfungsinya sistem sosial dan sistem ekonomi masyarakat (Grigg, 2003).

Infrastruktur dibagi menjadi tiga (The World Bank, 1994), yaitu:
1. Infrastruktur ekonomi, merupakan infrastruktur fisik yang diperlukan untuk menunjang aktivitas ekonomi, meliputi public utilities (tenaga, telekomunikasi, air, sanitasi, gas), public work (jalan, bendungan, kanal, irigasi dan drainase) dan sektor transportasi (jalan, rel, pelabuhan, lapangan terbang dan sebagainya).
2. Infrastruktur sosial, meliputi pendidikan, kesehatan, perumahan dan rekreasi.
3. Infrastruktur administrasi, meliputi penegakan hukum, kontrol administrasi dan koordinasi.

C. PEMBAHASAN

3.1 Manfaat Evaluasi Proyek
Sumber daya yang terbatas, ketersediaan sarana prasarana yang masih kurang, teknologi yang masih lemah, dan kesempatan investasi yang terbatas membuat setiap keputusan dalam memanfaatkan sumber daya berapapun besarnya harus sangat diseleksi. Besarnya pengorbanan atau opportunity cost dari setiap penggunaan sumber daya milik bersama mengharuskan setiap pembangunan dapat menghasilkan inceremental benefit yang lebih besar dari opportunity cost yang dikorbankan agar kesejahteraan masyarakat dapat tercipta.

Evaluasi dapat diartikan sebagai penyelidikan terhadap nilai suatu tujuan. Dalam sebuah evaluasi harus dapat menjelaskan berbagai hal-hal penting, yaitu bagaimana evaluasi dapat memberikan informasi mengenai peluang pengembangan proyek, bagaimana suatu proyek dapat berjalan dengan baik dan lancar, adanya informasi keterkaitan antara perencanaan dan pelaksanaan proyek. Evaluasi proyek ini merupakan langkah awal dalam sebuah proyek. Di dalam evaluasi ini juga harus dapat memberikan informasi dan bukti pada pemangku kebijakan bahwa suau proyek memberikan manfaat yang baik. 

Secara garis besar, analisis terhadap proyek dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu Ex-Ante Evaluation, keputusan evaluasi pada tahap ini menyangkut kebijakan alokasi sumber daya dan penetapan keputusan apakah suatu proyek layak dijalankan atau tidak. Di dalam pengambilan keputusan ini akan sangat penting dikarenakan jika proyek yang diputuskan jalan ternyata tidak layak, maka akan sangat merugikan. Tahap evaluasi berikutnya adalah On Going Evaluation dan Ex-Post Evaluation. Pada tahap ini dilakukan setelah proyek berjalan, sehingga tidak mampu memberikan jawaban mengenai keputusan alokasi sumber daya, tetapi kedua tahap evaluasi proyek ini sangat baik dalam memberikan pembelajaran atau informasi mengenai nilai aktual dari suatu proyek.

3.2 Mengukur Manfaat Proyek Transportasi
Setiap proyek memiliki karakteristik masing-masing, sehingga diperlukan pendekatan yang berbeda pula dalam menilai dan mengukur nilai ekonomi suatu proyek. Terdapat beberapa masalah terkait dengan penerapan evaluasi di berbagai sektor, misalnya masalah terkait data, kesulitan menetapkan shadow price, dan kesulitan dalam menerapkan ketidakpastian dan resiko proyek. Terdapat perbedaan di proyek berbagai sektor, antara lain terkait penilaian cost, benefit, eksternalitas, dan pertimbangan sosial ekonomi.

Di dalam proyek transportasi, terdapat perbedaan antara di negara maju dan di negara berkembang. Pertama, shadow price jarang digunakan di negara maju dikarenakan pasar yang berjalan mendekati sempurna dibandingkan dengan negara berkembang. Kedua, tujuan utama pembangunan transportasi di negara maju adalah untuk menghemat waktu dan menurunkan angka kecelakaan, sedangkan di negara berkembang untuk menurunkan biaya operasi transportasi. Ketiga, negara berkembang lebih memperhatikan produksi yang tangible seperti makanan dan perumahan dibandingkan pembangunan kualitas lingkungan. 


Pendekatan yang sering digunakan dalam proyek transportasi adalah dengan menilai manfaat proyek dari adanya penghematan biaya karena adanya perbaikan infrastruktur. Sebagai contoh, dengan adanya pembangunan jalan tol akan mengurangi biaya bahan bakar karena tidak akan terjadi macet, membuat ban kendaraan lebih tahan lama, mengurangi angka kecelakaan, dan sebagainya. Ini adalah suatu hal yang penting sebagai dasar dalam menghitung manfaat proyek hanya dari sisi penghematan biaya karena jika tidak ada perbaikan jalan, maka akan lebih banyak biaya yang harus dikeluarkan oleh pengguna jalan. 

Dalam contoh kasus pembangunan jalan tol, idealnya dalam menilai manfaat adalah dengan konsep with and without project, yaitu membandingkan perbedaan antara manfaat yang diakibatkan oleh tidak adanya kemacetan yang terjadi dengan adanya proyek, dengan kemacetan dengan tidak adanya proyek tersebut. Penghematan uang dijadikan ukuran manfaat proyek. Melakukan evaluasi terhadap kemacetan membutuhkan tambahan estimasi mengenai nilai tambahan biaya akibat kemacetan itu sendiri. Misalnya bertambahnya konsumsi bahan bakar dan bertambahnya waktu. Sedangkan manfaat tidak langsung pembangunan jalan tol adalah tumbuhnya industri di sekitar jalan tol.

3.3 Aspek-Aspek dalam Analisis Proyek Pemerintah
Proyek-proyek yang dibangun oleh pemerintah bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga perlu memperhatikan aspek yang dianalisis sehingga pembangunan dapat memenuhi harapan luas dari seluruh komponen masyarakat.

3.3.1 Aspek Teknis
Analisis teknis akan menjelaskan mengenai batasan dalam menentukan berbagai model, asusmsi, dan data berupa angka dan informasi yang diperlukan. Intinya, analisis aspek teknis harus memuat penjelasan teknis mulai dari tahap pra konstruksi, konstruksi, sampai dengan pelaksanaan proyek. Selain itu pada tahap ini juga mengurusi masalah perizinan, pelelangan, pembebasan lahan, penjajagan pendanaan, dan lain-lain. Data yang dibutuhkan dalam analisis aspek teknis beragam tergantung pada jenis proyeknya, namun dalam beberapa proyek, data yang dibutuhkan antara lain data topografi, keadaan tanah, keadaan lokasi, transportasi menuju lokasi, dan keadaan penduduk sekitar. 

3.3.2 Aspek Lingkungan
Proyek pemerintah yang dibangun harus ramah lingkungan dan tidak mengurangi kualitas lingkungan itu sendiri. Menurut Pasal 16 Undang-undang Nomor 4 Tahun 1982 mengenai Ketentuan-Ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup menyatakan bahwa setiap rencana kegiatan yang diperkirakan akan mempunyai dampak penting terhadap lingkungan wajib dilengkapi analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL).

3.3.3 Aspek Organisasi dan Manajemen
Dalam pelaksanaan proyek perlu diperhatikan mengenai penanganan dalam sebuah organisasi yang sistematis dan terstruktur sesuai dengan kegiatan proyek. Dalam aspek ini harus membahas keterkaitan dan keterlibatan lembaga-lembaga yang terkait dengan proyek, misalnya perbankan atau lembaga masyarakat. Aspek kelembagaan merupakan sarana prasarana proyek yang sangat diperlukan untuk mendukung aspek manajemen melaksanakan kegiatannya.

Hubungan baik dengan lembaga masyarakat dan dengan masyarakat itu sendiri akan memberikan dampak positif terhadap proyek. Keterlibatan masyarakat sekitar juga tidak boleh dilupakan. Masyarakat di sekitar proyek dapat menjadi penghambat maupaun menjadi pendukung jalannya proyek., tergantung dari pendektan dan perlakuan terhadap mereka.

3.3.4 Aspek Ekonomi
Dalam aspek ini dibahas mengenai sumbangan proyek bagi perekonomian dan masyarakat secara keseluruhan. Penggunaan sumber daya oleh suatu proyek ada pengorbanannya (opportunity cost). Oleh karena itu manfaat yang dihasilkan oleh proyek harus lebih besar dari pengorbanannya sehingga memberikan kemanfaatan bagi masyarakat dan perekonomian.

3.3.5 Aspek Sosial
Adanya suatu proyek dapat memberikan dampak kepada masyarakat, naik negatif maupun positif. Unsur-unsur dalam masyarakat yang dapat terpengaruh dengan adanya proyek antara lain:
1. Jumlah penduduk, komposisi usia, dan jenis kelamin
2. Pendapatan masyarakat dan distribusinya
3. Nilai-nilai dalam masyarakat
4. Tingkat pendidikan dan kesehatan masyarakat
5. Persepsi masyarakat dam melihat tatacara kehidupan
6. Pola konsumsi masyarakat

Keberadaan suatu proyek diharapkan dapat memberikan manfaat baik secara langsung maupun tidak kepada masyarakat sekitar, misalnya:
1. Penciptaan lapangan kerja
2. Peningkatan Pendapatan Masyarakat
3. Perubahan sosial terhadap nilai-nilai baru
4. Perubahan taraf hidup seperti pendidikan dan kesehatan
5. Perbaikan distribusi pendapatan

3.3.6 Aspek Komersial
Aspek komersial juga harus diperhatikan oleh proyek-proyek pemerintah, antara lain dengan melihat pasar untuk input dan output proyek, harganya, dan sebagainya. Faktor-faktor ini dapat memengaruhi keberhasilan atau kegagalan suatu proyek. Beberapa faktor penting yang perlu dianalisis yang termasuk aspek komersial proyek, antara lain:

1. Permintaan (demand), yaitu siapa yang akan menggunakan hasil dari proyek yang dibangun, berapa jumlah konsumennya, apakah konsumen merupakan konsumen akhir yang menggunakan produk sebagai pemenuhan kebutuhan konsumsi, atau konsumennya merupakan industri yang menggunakan produk sebagai input untuk produksi lebih lanjut.
2. Penawaran (supply), siapa saja supplier komoditi yang dibutuhkan proyek, bagaimana kelangsungannya, kualitasnya, apakah merupakan supllier yang terbaik dan termurah?
3. Struktur pasarnya, keadaan persaingan di pasar, akan sangat penting dalam mengambil posisi di pasar serta dalam membuat kebijakan terkait harga, jumlah produksi, dan sebagainya.

3.4 Manfaat Proyek Pembangunan Pemerintah
Proyek yang dilaksanakan oleh pemerintah bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat, yang bukan hanya yang dapat diukur secara fisik namun juga yang tidak langsung. Kesejahteraan masyarakat akan meningkat jika ada kenaikan nilai produk suatu barang dan jasa yang dihasilkan dari proyek atau kegiatan yang dapat meningkatkan terpenuhinya kebutuhan masyarakat baik secara fisik maupun non fisik. Manfaat dari proyek pembangunan pemerintah yaitu:

1. Manfaat Langsung (Direct Benefit)
Manfaat langsung proyek timbul karena adanya kenaikan nilai output proyek atau menurunnya biaya yang disebabkan oleh:
a. Kenaikan dalam nilai produk fisik
Proyek yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah proyek yang mampu menghasilkan tambahan output barang atau jasa secara nyata, karena kenaikan produk secara fisik tersebut dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.
b. Perbaikan kualitas produk
Ada kalanya proyek yang dibangun tidak untuk menghasilkan produk secara fisik, namun untuk meningkatkan kualitas suatu barang atau jasa. Dengan peningkatan kualitas tersebut membuat kesejahteraan masyarakat menjadi meningkat.
c. Perubahan lokasi, waktu penjualan, dan perubahan bentuk
Nilai suatu barang dapatnaik karena perbedaan tempat, perbedaan waktu penjualan, atau perbedaan bentuk. 
d. Manfaat proyek dapat dilihat dari penghematan biaya yang diakibatkan karena pemanfaatan teknologi informasi dan pembaharuan alat pengangkutan.

2. Manfaat Tidak Langsung (Indirect Benefit)
Manfaat ini timbul karena adanya suatu proyek, namun timbul di luar proyek tersebut. Manfaat ini harus tetap diperhitungkan sebagai salah satu manfaat adanya proyek.
a. Induced Multiplier Effect yaitu manfaat yang diperoleh dari kegiatan-kegiatan yang timbul sebagai akibat dibangunnya suatu proyek.
b. Manfaat yang timbul karena adanya Economoies of scale, adanya proyek membuat adanya peningkatan efisiensi penggunaan sumber daya sebagai akibat skala usaha yang lebih besar, sehingga harga menjadi lebih murah dan daya beli masyarakat akan meningkat.
c. Manfaat yang timbul karena adanya perbaikan mutu tenaga kerja (dynamic secondary effect). Proyek besar menggunakan teknologi tertentu yang membutuhkan tenaga kerja khusus. Untuk memenuhi hal tersebut, maka tenaga kerja akan ditingkatkan kemampuannya melalui pelatihan-pelatihan, sehingga selain skill tenaga kerja akan meningkat, akan terjadi transfer teknologi dari proyek kepada masyarakat.

3. Manfaat yang Sulit Diukur (Intangible effect)
Tidak semua manfaat yang dihasilkan suatu proyek dapat diukur, ada manfaat yang tidak dapat diukur dengan uang, tetapi dapat diidentifikasi, misalnya:
a. Perbaikan lingkungan hidup
b. Perbaikan distribusi pendapatan
c. Perbaikan keamanan
Manfaat proyek yang sulir diukur ini tetap harus dipertimbangkan dan harus disebutkan dalam usulan.

4. Consumer Surplus
Consumer surplus timbul jika output proyek menyebabkan turunnya harga output. Rendahnya harga menyebabkan konsumen dapat menghemat biaya dari perbedaan antara kemampuan dan kemauan untuk membayar dengan apa yang benar-benar mereka bayarkan. Consumer surplus juga dapat terjadi akibat pengaturan harga oleh pemerintah sehingga harga yang terjadi lebih rendah dari harga semestinya. 


3.5 Studi Kasus Proyek Pembangunan Pemerintah Jembatan Suramadu
3.5.1 Latar Belakang Proyek Jembatan Suramadu
Peningkatan infrastruktur akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Infrastruktur juga berpengaruh penting bagi peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan manusia, antara lain dalam peningkatan nilai konsumsi, peningkatan produktivitas tenaga kerja dan akses kepada lapangan kerja, serta peningkatan kemakmuran nyata dan terwujudnya stabilisasi makro ekonomi, yaitu keberlanjutan fiskal, berkembangnya pasar kredit, dan pengaruhnya terhadap pasar tenaga kerja. The World Bank (1994) 
Mengapa Infrastruktur dibutuhkan? Kembali ke konsep dan definisi dasar Infrastruktur. Menurut Grigg 1988 definisi infrastruktur adalah :

a. Infrastruktur merupakan sistem fisik yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia dalam lingkup sosial dan ekonomi
b. Infrastruktur merupakan pendukung utama fungsi-fungsi sistem sosial dan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat
b. Infrastruktur berfungsi sebagai mediator antara sistem ekonomi dan sosial dalam tatanan kehidupan manusia dengan lingkungan (alam)

Infrastruktur yang kurang atau tidak berfungsi akan memberikan dampak yang besar bagi manusia. Sebaliknya infrastruktur yang terlalu berlebihan untuk kepentingan manusia tanpa memperhatikan kapasitas daya dukung lingkungan akan merusak lingkungan tersebut dan pada hakekatnya juga akan merugikan manusia dan makhluk hidup lainnya (sebagai bagian dari ekosistem). Infrastruktur harus dimengerti dan dipahami fungsinya sebagai suatu alat untuk menata kehidupan manusia dengan memperhatikan alam.

Struktur perekonomian Indonesia secara spesial pada triwulan III/2013 masih didominasi oleh kelompok provinsi di Pulau Jawa yang memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 58,20 persen untuk pertumbuhan ekonomi di pulau lainnya hanya menyumbang kurang dari 50 persen. Di mana, masing-masing untuk Pulau Sumatera sebesar 23,75 persen, Pulau Kalimantan 8,45 persen, Pulau Sulawesi 4,87 persen, dan sisanya 4,73 persen di pulau-pulau lainnya (http://www.suaramerdeka.com/v2/index.php/read/news/2013/11/06/178550/Pertumbuhan-Ekonomi-Masih-Didominasi-Pulau-Jawa, diakses 23 Maret 2014).

Oleh karena pertumbuhan ekonomi menjadi kunci penting dalam perkembangan sebuah wilayah, maka diperlukan suatu infrastruktur untuk melakukan pemerataan pertumbuhan ekonomi tersebut. Provinsi Jawa Timur sebagai salah satu provinsi pintu gerbang Indonesia Timur memegang peranan penting dalam pertumbuhan industri, perdagangan, dan ekonomi di wilayah Indonesia Timur. Oleh karena itu, jalur transportasi menjadi bagian penting dalam perkembangan roda industri dan roda perekonomian.

Sementara itu, Pulau Madura yang menjadi bagian dari provinsi Jawa Timur, mengalami kondisi yang kurang menguntungkan. Laju pertumbuhan ekonomi yang lambat dan pendapatan perkapita tertinggal. Pergerakan jalur transportasi yang terhambat antara Provinsi Jawa Timur dan Pulau Madura membuat pembangunan Jembatan Suramadu dinilai penting dan strategis untuk perkembangan Pulau Madura di masa yang akan datang. Dengan Jembatan Suramadu, yang akan menghubungkan Surabaya dengan Pulau Madura melalui jalan darat diharapkan dapat mereduksi waktu tempuh sehingga perkembangan Pulau Madura diharapkan dapat menjadi kawasan ekonomi yang berkembang seperti Pulau Batam dan lainnya yang telah maju.

Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge). Pembangunan Jembatan Suramadu ini diselesaikan selama 6 tahun. Tepatnya, dimulai dari Breaking Ground pada tanggal 20 Agustus 2003 yang dilakuakan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri yang menjabat Presiden pada saat itu. Dan diresmikan oleh Presiden SBY pada tanggal 10 Juni 2009. Biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan jembatan ini berkisar 4,5-5 Triliun Rupiah.

Transportasi merupakan bagian penting untuk dapat menimbulkan dampak pergerakan orang ataupun barang. Pergerakan jalur transportasi yang terhambat membuat pembangunan jembatan Suramadu dinilai penting sebagai pembuka awal. Dengan Jembatan Suramadu, yang akan menghubungkan Surabaya dengan Pulau Madura melalui jalan darat, diharapkan ketimpangan sosial dapat segera direduksi. Arus transportasi yang cepat dan efektif akan membuat perkembangan Madura segera melejit bersaing dengan daerah-daerah lain. Tata wilayah dan tata guna lahan juga akan terbentuk secara proporsional.­ Kawasan jembatan Suramadu memiliki potensi sebagai generator pembangkit, namun apabila tidak dikendalikan maka diprediksi akan membawa pengaruh perubahan terhadap pengembangan wilayah di kawasan Kawasan Kaki Jembatan Suramadu dan sekitarnya baik pada sisi Surabaya maupun Bangkalan. Fenomena perubahan tersebut dapat terlihat antara lain dengan menurunnya fungsi bangunan dan kualitas lingkungan. Disinilah pentingnya suatu perencanaan melalui suatu konsep penataan bangunan yang terpadu dengan mempertimbangkan berbagai aspek yang terkait antara lain pertimbangan ekologi, ekonomi, sosial budaya dan regional, supaya dapat menghasilkan suatu wajah kawasan yang terkendali dan dapat menunjukkan jati dirinya.

3.5.2 Tujuan Proyek Jembatan Suramadu
Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura, yang selama ini dikenal sebagai daerah paling tertinggal diantara 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto, bila dilihat dari peran Jembatan Suramadu, maka yang dijadikan tolak ukur adalah
Arus transportasi, dilihat dari terjadinya kelancaran arus manusia,barang,dan jasa.
Pertumbuhan perekonomian, melalui terjalinnya potensi sumber daya kawasan, khususnya di wilayah Madura.
Pemerataan ekonomi, Kesenjangan ekonomi antara Pulau Madura dengan kawasan lain di provinsi Jatim berkurang.
Peningkatan infrastruktur, meningkatnya aksesibilitas dan mobilitas secara signifikan.
Penerimaan sosial-budaya, memfasilitasi terjalinnya interaksi budaya antara Jawa dan Madura dalam era modernisasi.

3.5.3 Dampak Proyek Jembatan Suramadu
Pertumbuhan ekonomi menjadi kunci penting dalam perkembangan sebuah wilayah. Propinsi Jawa Timur dengan jumlah penduduk mencapai 33 juta jiwa, menjadi salah satu propinsi dengan kerapatan penduduk yang padat. Di Madura, umumnya kegiatan ekonomi masih bertumpu pada sektor pertanian primer (tanaman pangan, peternakan, perikanan, perkebunan dan kehutanan). Artinya pertanian atau sektor tradisional menjadi sektor andalan yang nampak dari perolehan PDRB terbesar dibandingkan sektor lain. Sektor lainnya adalah pertambangan dan penggalian, industri pengolahan, listrik, gas, air bersih, bangunan, perdagangan, hotel, restoran, angkutan, pos, komunikasi, keuangan, persewaan, dan jasa perusahaan.

Menurut Kuznets (dalam Todaro dan Smith,2003:99) Pertumbuhan ekonomi adalah kenaikan kapasitas dalam jangka panjang dari Negara yang bersangkutan untuk menyediakan berbagai barang ekonomi kepada penduduknya.

Dengan dioperasikannya jembatan Suramadu, maka arus urbanisasi diharapkan bisa ditekan. Meningkatnya jumlah penduduk di Madura juga akan merangsang naiknya permintaan barang dan jasa. Selanjutnya akan merangsang meningkatnya kegiatan perekonomian, berkembangnya usaha di sektor pertanian, industri, perdagangan, jasa dan meningkatnya arus barang masuk ke Pulau Madura. Dengan semakin lancarnya arus lalu lintas berarti menghemat waktu dan biaya. Dengan lancarnya arus transportasi, pembangunan menjadi lebih lancar.

Lancarnya transportasi adalah prasyarat lancarnya pembangunan, apalagi Indonesia merupakan negara kepulauan. Permasalahan perekonomian yang dihadapi bangsa ini sangat kompleks, antara lain karena letak antara pulau satu dengan pulau yang lainnya sangat berjauhan. Pembangunan tidak merata. Mau tidak mau, pemerintah harus menyelesaikan permasalahan akar ini, yaitu ketimpangan pembangunan dan perekonomian di berbagai wilayah Indonesia. Walau tak bisa dipungkiri dampak buruk selalu menyertai setiap proses. Namun tentu tak sebanding dengan kebaikan dan kemanfaatan yang diperoleh.

Sebelum dibangunnya Jembatan Suramadu, secara berturut-turut kabupaten yang terbanyak penduduknya adalah Sumenep, Bangkalan, Sampang, dan Pamekasan. Ternyata Kabupaten Bangkalan merupakan kabupaten yang menerima kelimpahan penduduk paling tinggi dibanding 3 kabupaten lainnya. Pada tahun 2035 atau setelah 30 tahun dibangunnya Jembatan Suramadu, maka jumlah penduduk di Kabupaten Bangkalan berjumlah 2,79 juta jiwa atau hampir dua kali lipat (98,98%) dibanding pertumbuhannya tanpa jembatan (1,40 juta jiwa). Dalam keadaan tersebut, tingkat pertumbuhan rata-rata per tahun berkisar antara 2,02% – 3,16%. (Rubiyantoro, Yohan, Suramadu Pacu Pertumbuhan Ekonomi Madura, http://nasional.kontan.co.id/news/suramadu-pacu-pertumbuhan-ekonomi-madura, diakses 23 Maret 2014)

Di Kabupaten Pamekasan, Sumenep, dan Sampang, tingkat pertumbuhan rata-rata per tahun secara berturut-turut masing-masing berkisar antara 0,71%-0,51% atau dengan pertumbuhan yang cenderung menurun, 0,66%-1,45% dan 0,44%-0,50%. Jika jumlah penduduk dibandingkan dengan dan tanpa Jembatan Suramadu maka jumlah penduduk rata-rata per tahun di Bangkalan akan bertambah sebanyak 59,30%, Pamekasan (23,42%), Sumenep (18,65%), dan Sampang (12,62%). (Rubiyantoro, Yohan, Suramadu Pacu Pertumbuhan Ekonomi Madura, http://nasional.kontan.co.id/news/suramadu-pacu-pertumbuhan-ekonomi-madura, diakses 23 Maret 2014)

Semakin lancarnya transportasi ternyata akan meningkatkan kegiatan ekonomi yang selanjutnya akan meningkatkan pertumbuhan. Income per kapita merupakan salah satu indikator untuk mengukur tingkat kesejahteraan masyarakat. Sebelum dibangunnya Jembatan Suramadu, secara berturut-turut kabupaten yang tertinggi income per kapitanya adalah Kabupaten Bangkalan, Sumenep, Sampang, dan Pamekasan. Namun, sejak adanya jembatan Suramadu secara berturut-turut kabupaten yang tertinggi income per kapitanya adalah Kabupaten Bangkalan, Sumenep, Pamekasan, dan Sampang. Jika income per kapita dibandingkan dalam keadaan dengan dan tanpa Jembatan Suramadu, maka income per kapita rata-rata per tahun di Bangkalan adalah akan bertambah sebanyak 93,63%, Pamekasan (48.68%). Sampang (42,57%) dan Sumenep (20,03%). (Rubiyantoro, Yohan, Suramadu Pacu Pertumbuhan Ekonomi Madura, http://nasional.kontan.co.id/news/suramadu-pacu-pertumbuhan-ekonomi-madura, diakses 23 Maret 2014). Sesudah dibangunnya Jembatan Suramadu, secara berturut-turut kabupaten yang tertinggi income per kapitanya adalah Kabupaten Bangkalan, Sumenep, Pamekasan, dan Sampang. Berbagai dampak yang diakibatkan oleh pembangunan jembatan Suramadu. Dari dampak positif yang menguntungkan masyarakat Madura, ataupun dampak negative yang diperkirakan merugikan masyarakat Madura.

3.5.3.1 Dampak Positif Proyek Jembatan Suramadu
1. Kelancaran Lalu Lintas
Manfaat langsung dari pembangunan Jembatan Suramadu adalah meningkatnya kelancaran arus lalu lintas atau angkutan barang dan orang khususnya dalam menghubungkan pulau Madura dan pulau Jawa. Dengan semakin lancarnya arus lalu lintas berarti lebih mengefisiensikan waktu dan biaya. (http://nasional.kontan.co.id/news/suramadu-pacu-pertumbuhan-ekonomi-madura, diakses 23 Maret 2014).

2. Merangsang Tumbuhnya Aktivitas Perekonomian
Manfaat langsung ini sudah langsung terasa ketika pertama kali Jembatan Nasional Suramadu dibuka. Diantaranya adalah tumbuhnya aktivitas perekonomian di sekitar jembatan Suramadu. Sebagai contoh adanya aktivitas PKL di sekitar kaki jembatan Suramadu.
(http://finance.detik.com/read/2012/10/16/135722/2063860/4/pedagang-kaki-lima-menjamur-di-jembatan-suramadu, diakses 23 Maret 2014)

3. Pertumbuhan PDRB di Madura
Semakin lancarnya transportasi akan menimbulkan dampak pergerakan orang maupun barang. Dengan demikian akan memicu peningkatan jumlah penduduk khususnya di sekitar Jembatan Suramadu. Meningkatnya jumlah penduduk akan merangsang naiknya permintaan barang dan jasa. Selanjutnya akan merangsang meningkatnya kegiatan perekonomian, berkembangnya usaha di sektor pertanian, industri, perdagangan, jasa dan meningkatnya arus barang masuk ke Pulau Madura (http://www.enciety.co/suramadu-ekonomi-madura/, diakses 23 Maret 2014).

4. Pertumbuhan Income Perkapita
Semakin lancarnya transportasi ternyata akan meningkatkan kegiatan ekonomi yang selanjutnya akan meningkatkan pertumbuhan. Income per kapita merupakan salah satu indikator untuk mengukur tingkat kesejahteraan masyarakat. (http://www.maduraterkini.com/berita-bangkalan/per-kapita-bangkalan-diklaim-naik.html, diakses 23 Maret 2014).

5. Meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia Masyarakat Madura
Tiap tahun, IPM di empat kabupaten Madura terus alami kenaikan. Pada tahun 2012, IPM kabupaten Bangkalan 65.69 naik 1,94 persen dibandingkan tahun 2011, Kabupaten Sampang memiliki nilai IPM 61,67 naik sebesar 2,27 persen, untuk Kabupaten Sumenep nilai IPM pada 2012 sebesar 66.41 dengan kenaikan sebesar 1.18 persen. Kenaikan tertinggi dicapai Kabupaten Pamekasan, yakni 66,51 naik sebesar 2,98 persen.
(http://www.enciety.co/suramadu-ekonomi-madura/, diakses 23 Maret 2014)

3.5.3.2 Dampak Negatif Proyek Jembatan Suramadu
1. Bangkrutnya Pengusaha Mobil Pengangkut Umum (MPU) di Madura
Adanya Jembatan Nasional Suramadu menyebabkan perpindahan konsentrasi aktivitas perekonomian. Selain itu, banyak penumpang yang lebih memiliih Jembatan Suramadu dengan menumpang bus. Dengan demikian, pendapatan pemilik MPU mengalami penurunan serta banyak pengusha Mobil Pengangkut Umum (MPU) di Madura yang bangkrut.
(http://www.surabayapagi.com/index.php?3b1ca0a43b79bdfd9f9305b812982962776ee2828d1dd2f687ef620f5cf98f8e, diakses 24 Maret 2014)

2. Menurunnya Pendapatan Industri Jasa Penyeberangan di Selat Madura
Jumlah penumpang fery yang turun drastis (mencapai hingga 40%) membuat perusahaan penyeberangan mulai merumahkan karyawannya. Merumahkan disini berarti mepekerjakan pekerjanya dengan sistem kerja 3 hari sekali. (http://skalanews.com/berita/detail/167092/Terus-Merugi-PT-ASDP-Kurangi-Layanan-Penyeberangan-Surabaya-Madura, diakses 24 Maret 2014).

3. Pertumbuhan PKL di Kaki Suramadu Tidak Terkendali
Adanya Jembatan Suramadu telah memicu aktivitas perekonomian di kaki Jembatan Suramadu. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kegiatan PKL. Akan tetapi, tidak adanya penataan PKL di kaki Suramadu telah menimbulkan pertumbuhan jumlah PKL yang tidak terkendali. Hal ini tentunya akan merusak estetika kaki Jembatan Suramadu. Pada tahun 2010, jumlah PKL di jembatan suramadu sebanyak sekitar seribu PKL dan jumlah ini terus bertambah (http://www.tempo.co/read/news/2010/04/14/058240244/PKL-di-Kaki-Jembatan-Suramadu-Semrawut, diakses 23 Maret 2014).

4. Dampak Sosial-Budaya
Madura dikenal dengan budaya keagamaan yang kuat. Fakta lapangan menunjukkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) di Madura masih rendah. Apabila masyarakat Madura tidak dipersiapkan, maka dikhawatirkan budaya lokal akan semakin luntur. Hal ini dikarenakan belum siapnya SDM di Madura melakukan integrasi budaya lokal dengan budaya modern. Saat ini sekitar 70 persen masyarakat madura masih berpendidikan di bawah SMA (http://radarmadura.co.id/2014/02/70-persen-pendidikan-di-bawah-sma-sdm-madura-masih-rendah/, diakses 23 Maret 2014).


D. KESIMPULAN

1. Pembangunan nasional diharapkan dapat kemanfaatan riil yang dapat dinikmati oleh seluruh warga negara dalam jangka panjang, sehingga diperlukan sebuah usaha analisis dan evaluasi yang cermat dan komperhensif terhadap suatu rencana pembangunan, agar pembangunan tidak memboroskan sumber daya yang dapat merugikan negara dan masyarakat.

2. Aspek-aspek yang ada di dalam evaluasi proyek antara lain aspek teknis, aspek lingkungan, aspek organisasi dan manajemen, aspek ekonomi, aspek sosial, dan aspek komersial.

3. Manfaat dari proyek pembangunan pemerintah dapat dibagi menjadi empat, yaitu manfaat langsung, manfaat tidak langsung, manfaat yang sulit diukur, dan consumer surplus.


REFERENSI

Anwar, Nurul, 2011, Evaluasi Proyek-Proyek Pembangunan Pemerintah, UPT Percetakan dan Penerbitan UNSOED, Purwokerto.

Pendapatan per Kapita Bangkalan Diklaim Naik, http://www.maduraterkini.com/berita-bangkalan/per-kapita-bangkalan-diklaim-naik.html, diakses 23 Maret 2014

PKL di Kaki Jembatan Suramadu Semrawut , http://www.tempo.co/read/news/2010/04/14/058240244/PKL-di-Kaki-Jembatan-Suramadu-Semrawut, diakses 23 Maret 2014

Runiasari, Kartika, Pertumbuhan Ekonomi Masih Didominasi Pulau Jawa, http://www.suaramerdeka.com/v2/index.php/read/news/2013/11/06/178550/Pertumbuhan-Ekonomi-Masih-Didominasi-Pulau-Jawa, diakses 23 Maret 2014

Rubiyantoro, Yohan, Suramadu Pacu Pertumbuhan Ekonomi Madura, http://nasional.kontan.co.id/news/suramadu-pacu-pertumbuhan-ekonomi-madura, diakses 23 Maret 2014

Rachman, Farizi, Suramadu dan Harapan Jadi Gerbang Ekonomi Madura, http://www.enciety.co/suramadu-ekonomi-madura/, diakses 23 Maret 2014

Suhendra, Zulfi, Pedagang Kaki Lima Menjamur di Jembatan Suramadu, http://finance.detik.com/read/2012/10/16/135722/2063860/4/pedagang-kaki-lima-menjamur-di-jembatan-suramadu, diakses 23 Maret 2014

Suramadu Rugikan Perusahaan MPU, http://www.surabayapagi.com/index.php?3b1ca0a43b79bdfd9f9305b812982962776ee2828d1dd2f687ef620f5cf98f8e, diakses 24 Maret 2014

Terus Merugi, PT ASDP Kurangi Layanan Penyeberangan Surabaya - Madura , http://skalanews.com/berita/detail/167092/Terus-Merugi-PT-ASDP-Kurangi-Layanan-Penyeberangan-Surabaya-Madura, diakses 24 Maret 2014

70 Persen Pendidikan di Bawah SMA, SDM Madura Masih Rendah, http://radarmadura.co.id/2014/02/70-persen-pendidikan-di-bawah-sma-sdm-madura-masih-rendah/, diakses 23 Maret 2014


24 comments

  1. HALO


    Apakah Anda seorang pengusaha atau pegawai pemerintah, dan Anda ingin mandiri secara finansial dan mengembangkan bisnis Anda, ini adalah kesempatan Anda, kami menyediakan semua jenis pinjaman jangka panjang dan pendek, proses kami sangat sederhana dan mudah. Anda tidak harus terus bertanggung jawab secara finansial kepada semua orang, hari ini Anda dapat memutuskan bahwa Anda memiliki kebebasan finansial dan kehidupan yang lebih baik untuk Anda dan keluarga Anda, kami siap memberikan Anda pinjaman apa pun yang Anda butuhkan, Kami akan memberikan Anda. Jangan merasa ingin melihat seseorang sukses secara finansial jika Anda ingin pinjaman Anda ditambahkan ke ekuitas Anda atau memulai bisnis Anda sendiri, ini adalah kesempatan Anda untuk menghubungi kami hari ini.



    Perusahaan: CREDIT FINANCIAL GROUP
    Email: ([email protected])
    Whatsapp: +447480724786.

    BalasHapus
  2. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA ([email protected]) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah ([email protected])

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: ([email protected]) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ([email protected]). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: ([email protected]) Terima kasih semua

    BalasHapus
  3. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO ([email protected]) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. ([email protected])

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang [email protected]

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email ([email protected]) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    BalasHapus
  4. Mendapatkan pinjaman yang sah selalu menjadi masalah besar bagi klien yang memiliki masalah keuangan dan membutuhkan solusi untuk itu. Masalah kredit dan agunan adalah sesuatu yang selalu dikhawatirkan klien ketika mencari pinjaman dari pemberi pinjaman yang sah. Tapi .. kami telah membuat perbedaan itu dalam industri peminjaman. Kami dapat mengatur pinjaman dari kisaran $ 5.000.00 USD hingga $ 500.000.000.00 USD serendah bunga 3%. Mohon segera membalas email ini: [email protected]

    Layanan Kami Termasuk Yang Berikut:

    Konsolidasi hutang

    Hipotek kedua

    Pinjaman Bisnis

    Pinjaman pribadi

    Pinjaman Internasional

    Pinjaman dalam bentuk apapun

    Pinjaman keluarga
    Kami mendanai perusahaan pinjaman skala kecil, perantara, lembaga keuangan skala kecil karena kami memiliki modal tidak terbatas. Untuk detail lebih lanjut tentang pengadaan pinjaman hubungi kami, hubungi kami WhatsApp +27653716382 hubungi kami, Mohon segera membalas email ini: [email protected]


    Tuan Bill Johnson

    BalasHapus

  5. I've been reluctant in purchasing this blank ATM card i heard about online because everything seems too good to be true, but i was convinced & shocked when my friend at my place of work got the card from guarantee atm blank card & we both confirmed it really works, without delay i gave it a go. Ever since then I've been withdrawing $5000 daily from the card & the money has been in my own account. So glad i gave it a try at last & this card has really changed my life financially without getting caught, its real & truly works though its illegal but made me rich!! If you need this card from guarantee atm blank card then here is their EMAIL : [email protected]

    BalasHapus
  6. Are you in financial crisis, looking for money to start your own business or to pay your bills? I got mine from Mike Fisher. My

    blank ATM card can withdraw $2,000 daily. I got it from Him last week and now I have $14,000 for free. The blank ATM withdraws

    money from any ATM machines and there is no name on it, it is not traceable and now i have money for business and enough money

    for me and my family to live on .*email: [email protected]

    BalasHapus
  7. السلام عليكم

    NAMA PERUSAHAAN: ONE BILLION RISING FUND
    GMAIL PERUSAHAAN: [email protected]
    NOMOR TEL: +1 267 526 5352
    NOMOR WHATSAPP: +1 267 526 5352  

                                   CERITA KEHIDUPAN BENAR

    Saya terkenal sebagai Mikhail Irfan Aqil seorang bapa, suami, saudara lelaki dan rakan saya dari (Putrajaya) Malaysia dan saya telah mengalami banyak tekanan kewangan dan tidak ada yang dapat meminjam wang saya untuk menyelesaikan projek perniagaan saya bermula beberapa bulan lalu . Saya telah ditipu oleh beberapa agen palsu yang mendakwa mereka dapat membekalkan saya dengan bahan mentah untuk pengeluaran

    Saya menjadi fraustrasi dan jika tidak untuk isteri saya, saya akan melakukan perbuatan bunuh diri kerana kesakitan itu terlalu banyak dan semua harapan hilang yang membuat saya mula hidup dari awal lagi dan ia tidak mudah sehingga saya bertemu ONE BILION RISING FUND sebuah syarikat pinjaman

    Saya memutuskan untuk memohon pinjaman selepas saya menghubungi penguji syarikat yang sebenarnya memberi saya harapan dan memberitahu saya tidak takut bahawa syarikat itu akan meminjamkan wang saya selagi saya boleh memberikan mereka requiremet yang merupakan beberapa maklumat peribadi dan saya lakukan jadi selepas saya melalui semua proses yang mereka meminjamkan wang mereka kemudian memberitahu saya bahawa saya telah dijumpai layak untuk pinjaman dan diminta untuk menunggu dan kejutan saya geatest saya mendapat dikreditkan dan ini membuat hidup saya lebih baik hidup dan dan sangat berterima kasih kepada Allah, Isteri saya dan kepada

    ONE BILLION RISING FUND
    GMAIL "" "" "[email protected]

                          UNTUK MENGHUBUNGI AKU
    Mikhail Irfan Aqil
    [email protected]
    IG :: Mikhail Irfan
    RM::100.000.00

    BalasHapus
  8. Halo nama saya Nadia Sella dari Indonesia Saya tinggal di Desa, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada Allah atas hidup saya dan menggunakan saya untuk bertemu dengan ibu saya yang setia Christabel Missan Loan Investment Company untuk mengubah hidup saya dari miskin menjadi kaya, saya punya masalah keuangan dan itu sangat buruk dan sulit tetapi berkat perusahaan induk yang setia, Ibu CHRISTABEL PINJAMAN INVESTASI PERUSAHAAN yang membantu saya dengan pinjaman 300 juta dan sekarang saya memiliki transfer pinjaman ke rekening bank saya dan saya hanya melakukan pembayaran untuk pinjaman saya transfer tanpa menambah rasa sakit saya dan sekarang keluarga saya dan saya bekerja dengan baik dan sekarang bisnis saya baik Terima kasih kepada ibu yang setia Christabel Missan.

    Jika Anda tahu bahwa Anda membutuhkan pinjaman cepat, saya akan merekomendasikan Anda kepada Miss Christabel Missan di Email :: [email protected]
    Untuk informasi lebih lanjut, Anda masih dapat menghubungi saya untuk memperkenalkan pinjaman yang jujur ​​[email protected]

    Silakan cari tahu apakah Anda menginginkan pinjaman Anda dan hubungi saya

    Anda masih bisa menghubungi teman saya yang memperkenalkan saya untuk mendapatkan email pinjaman jaminan: [email protected]
    [email protected]
    [email protected]
    [email protected]
    Pinjaman saya sebesar 300 juta berhasil ditransfer
    Perusahaan Pinjaman Christael Missan
    email: [email protected]
    Instagram: ibu christabel missan
    Panggilan telepon +13108626660
    Nomor WhatsAPP +15614916019

    BalasHapus
  9. Halo nama saya Nadia Sella dari Indonesia Saya tinggal di Desa, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada Allah atas hidup saya dan menggunakan saya untuk bertemu dengan ibu saya yang setia Christabel Missan Loan Investment Company untuk mengubah hidup saya dari miskin menjadi kaya, saya punya masalah keuangan dan itu sangat buruk dan sulit tetapi berkat perusahaan induk yang setia, Ibu CHRISTABEL PINJAMAN INVESTASI PERUSAHAAN yang membantu saya dengan pinjaman 300 juta dan sekarang saya memiliki transfer pinjaman ke rekening bank saya dan saya hanya melakukan pembayaran untuk pinjaman saya transfer tanpa menambah rasa sakit saya dan sekarang keluarga saya dan saya bekerja dengan baik dan sekarang bisnis saya baik Terima kasih kepada ibu yang setia Christabel Missan.

    Jika Anda tahu bahwa Anda membutuhkan pinjaman cepat, saya akan merekomendasikan Anda kepada Miss Christabel Missan di Email :: [email protected]
    Untuk informasi lebih lanjut, Anda masih dapat menghubungi saya untuk memperkenalkan pinjaman yang jujur ​​[email protected]

    Silakan cari tahu apakah Anda menginginkan pinjaman Anda dan hubungi saya

    Anda masih bisa menghubungi teman saya yang memperkenalkan saya untuk mendapatkan email pinjaman jaminan: [email protected]
    [email protected]
    [email protected]
    [email protected]
    Pinjaman saya sebesar 300 juta berhasil ditransfer
    Perusahaan Pinjaman Christael Missan
    email: [email protected]
    Instagram: ibu christabel missan
    Panggilan telepon +13108626660
    Nomor WhatsAPP +15614916019

    BalasHapus
  10. Do you need personal loan?
    Loan for your home improvements,
    Mortgage loan,
    Debt consolidation loan,
    Commercial loan,
    Education loan,
    Car loan,
    Loan for assets.
    [email protected] Whatsapp +918929509036

    BalasHapus
  11. Halo Semuanya Saya Bu SAFRILITA dari INDONESIA, ALLAH telah memberkati saya dengan dua anak dan seorang suami yang penuh kasih, saya ingin membagikan Kesaksian saya karena ALLAH menyayangi saya, setahun yang lalu saya sangat membutuhkan uang jadi saya berpikir untuk memiliki pinjaman kemudian saya bertemu dengan orang yang salah yang mengaku sebagai pemberi pinjaman, tidak tahu bahwa mereka semua scam. Saya ditipu sebesar 25 juta, dan mereka menolak untuk mentransfer pinjaman saya kepada saya, mereka juga berhenti mengirim email kepada saya sejak itu. kemudian saya bingung, seluruh hidup saya hilang. suami saya jatuh sakit dan ada tagihan rumah sakit yang harus dibayar dalam jutaan, yang bisa saya pikirkan saat ini adalah sucide, teman saya bernama Evi datang menemui saya pada hari yang setia itu, dia juga menjadi korban penipuan, dia memberi tahu saya tentang konferensi yang diselenggarakan oleh ibu Nurliana Novi untuk memberdayakan perempuan dan laki-laki yang ingin membuat kekayaan, dia meminta saudara perempuannya untuk membantu saya mengurus suami saya dan anak-anak, jadi kami pergi untuk konferensi. Setelah semua motivasi berbicara, dia mengajukan pertanyaan kepada kami "APAKAH ANDA SIAP MENGAMBIL RESIKO DAN MEMBUAT KEKAYAAN" dengan berani di jemaat kecil itu saya berdiri dan berkata "YA" dan kami semua diminta untuk datang keesokan harinya dengan rencana bisnis , dia berkata kepada kami, " SAYA TIDAK AKAN MEMBERI ANDA UANG, SAYA AKAN MENGAJARKAN ANDA BAGAIMANA MENGAMBIL RISIKO DAN MENDAPATKAN UANG UNTUK BISNIS ANDA,"  dia berbicara tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dan koneksinya melalui ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM yang hebat, sebuah perusahaan pinjaman online, segera saya menjadi takut, teman saya mendorong dan kami menghubungi Perusahaan ibu Elina, seperti yang diarahkan oleh ibu Nurliana Novi dari konferensi, saya dan teman saya mulai memproses sementara ibu Novi telah kembali, beberapa hari kemudian saya menerima telepon dari teman saya memberi tahu saya bahwa dia menerima peringatan dari banknya, pinjamannya telah disetor, sudah terlambat sehingga saya tidak bisa pergi ke bank saya untuk mengkonfirmasi, di pagi hari peringatan datang, saya akhirnya mendapat pinjaman sebesar 843 juta dari ibu ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN TETAP, setelah mengikuti proses hukum. kami diberi arahan untuk menyerahkan rencana bisnis kami dan meninggalkan uang di bank selama seminggu, kemudian ibu Novi menelepon meminta kami untuk bertemu lagi yang kami patuhi, kami sampai di tempat tersebut dan melihat orang asing dampak pada perdagangan dan investasi, kami diberi kuliah dan kontak untuk memulai investasi, dalam enam bulan melalui koneksi ibu Elina saya mulai impor dan hari ini saya dan suami saya telah mendirikan dua perusahaan besar senilai MILIAR. Saya ingin Anda semua tahu bahwa satu-satunya pemberi pinjaman sejati yang saya saksikan adalah ibu ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM, hubungi mereka hari ini dan Anda akan mendapatkan perubahan positif dalam hidup Anda, ini emailnya [email protected]. Anda dapat menghubungi saya di email saya [email protected], untuk konfirmasi lebih lanjut, jika Anda meragukan saya, saya siap menunjukkan kepada Anda semua buktinya sehingga Anda akan tahu ini bukan hanya cerita.

    Catatan, mereka banyak pemberi pinjaman palsu online untuk menipu Anda, merobek Anda dari uang hasil jerih payah Anda, harus dari mereka pergi sejauh membuat situs pribadi mereka hanya untuk menipu Anda, pinjaman yang mengarahkan Anda untuk mengunjungi situs web palsu, mereka semuanya penipu.

    Jadi hubungi perusahaan ibu Elina sekarang dan pinjaman Anda akan ditransfer kepada Anda saat Anda mengikuti proses hukum, sekali lagi ini adalah emailnya [email protected],  ALLAH melihat hati saya dan dia tahu saya mengatakan yang sebenarnya dan tidak lain adalah kebenaran .

    BalasHapus
    Balasan
    1. KABAR BAIK KABAR BAIK

      Hai semuanya, Nama saya Nita Mahyuddin dan saya berbicara sebagai orang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya dipukul secara finansial tanpa harapan bantuan apa pun tetapi ceritanya akan berubah ketika saya bertemu Ibu. Saya sangat senang mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman 800 miliar untuk memulai hidup saya karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia sepertinya bergantung pada saya sampai Alleh mengirim saya ke perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Allah, PERUSAHAAN INVESTASI PINJAMAN CHRISTABEL MISSAN, mereka adalah Juru Selamat Alleh dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai Saya mendapat pinjaman sebesar Rp800 miliar dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Christabel Missan melalui email:::[email protected] [[email protected]] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati

      Rincian kontak:
      Alamat::::::::::::::::::::::::::::::[email protected]
      Nomor WhatsApp ::::::::::+6289685078914
      Perusahaan::::::::::::::::::::::::::::Christabel Missan
      whatsAPP ibu::::::::::::+13108626660::::+15614916019
      Jumlah Pinjaman:::::::::::::::::::::800 miliar
      Negara:::::::::::::::::::::::::::::::Indonesia
      Pekerjaan::::::::::::::::::::::::::Pedagang

      Hapus
  12. Are you looking to Discount, Monetize, or create an immediate Non Recourse loan against a Leased or Purchased bank instrument such as BG,SBLC and Bank Drafts, We solely deal with real deals, real people and real Leased & Purchased Bank instruments that need real monetization. The Bank SWIFT Network is the Gold Standard that validates that your Leased & Purchased Bank instruments is real and it provides a respected industry platform where guaranteed settlement can be facilitated.

    Our contracts also include the monetizer returning the Leased bank instrument to the Issuing bank 15 days prior to the bank instrument expiration.

    Standby Letter of Credit Monetization LTV:

    *Leased BG/SBLC Monetization - 65% Non Recourse
    *Purchased BG/SBLC Monetization - 90% Non Recourse.

    Estimated Completion Time:

    *2-3 Days After Instrument Delivery on the SWIFT Networks.

    We also have trusted and long term business partners/providers who can facilitate issuance & delivery of bank instruments such as BG,SBLC,LC,DLC and Bank Draft at Lease Price 4% + 2% and Purchase price at 32% + 2% where 2% is agent and brokers commission.

    For further enquiries, we can be reached at the information below.

    Email: [email protected]

    Skype : [email protected]

    Name: GARVAN MAIREAD

    BalasHapus
  13. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. ([email protected])

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

    Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: ([email protected]) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: ([email protected])

    BalasHapus
  14. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO ([email protected]) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. ([email protected])

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang [email protected]

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email ([email protected]) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum
    Data pribadi
    Negara: Indonesia
    Nama: Wahyu Sapto Handoko
    Email: [email protected]
    Alamat: Jl. Sukarela rt.02 / 05 Paninggilan, Ciledug, Tangerang
    Sudah empat tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam Rp1,2 miliar dari ibu Helen dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipuan online. Ibu Helen Wilson telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran pinjaman bulanan yang saya pinjam sebelumnya, saya memohon kepada Ibu Helen bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis lebih lanjut sehingga saya meminta tambahan Rp3,7 miliar setelah melalui saya proses hukum. pinjaman itu disetujui oleh manajemen mereka dan saya menerima pinjaman saya dalam waktu kurang dari 48 jam di rekening bank BRI saya. Saya tidak memiliki tantangan dengan bank karena Mrs. Helen Wilson dan tim manajemen pinjaman WEMA Finance telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah baik di Amerika Serikat, MALAYSIA, INDONESIA dan Rumania, sehingga tidak ada masalah sama sekali.
    Untuk pinjaman apa pun, saya sangat merekomendasikan Ibu Helen Wilson hari ini dan selalu
    Email: ([email protected])

    WA: +1-585-326-2165

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum
    Saya membawa kabar baik kepada Anda semua warga negara Indonesia di platform ini, Tuhan telah sepenuhnya setia kepada saya dan seluruh rumah saya telah bertahan sejak Mei 2019, kesaksian saya dan kabar baik saya berjalan seperti ini, Nama saya Kartin Kiba dari Jl.P .Biak 9 No. 230 Rt.007 Rw.018 Desa Arenjaya, Jakarta Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, saya adalah seorang pemasar di perusahaan tempat saya bekerja, Suami saya dan saya ingin menggunakan platform ini untuk menginformasikan semua ini. Platform ini membutuhkan dan mencari pinjaman yang tulus untuk berhati-hati karena internet dan blog penuh dengan perusahaan pinjaman palsu dan penipuan yang hanya ada di sini untuk merobek uang hasil jerih payah Anda.

    Suami saya dan saya memiliki hutang besar dan kami memutuskan untuk mencari pinjaman online untuk melunasi hutang kami dan kami menghubungi perusahaan pinjaman dari Singapura yang pada bulan Desember 2018, dan kami ditipu oleh pemilik perusahaan dengan meminta kami untuk membayar banyak biaya yang kami bayar dan pada akhirnya kami tidak mendapatkan pinjaman, kami kehilangan sekitar Rp7.500.000 untuk perusahaan pinjaman palsu di Singapura karena kami mengajukan pinjaman sebesar Rp450.000.000,00 dan dengan semua biaya yang kami bayarkan kami lakukan tidak mendapatkan pinjaman dan suami saya dan saya sangat Frustrasi dan saya dipecat dari pekerjaan saya di perusahaan tempat saya bekerja karena saya juga mengambil pinjaman dari perusahaan tempat saya bekerja dan kami bangkrut dan muak dengan kehidupan.

    Jadi Tuhan itu baik, kami berdoa dan Tuhan mengarahkan kami ke seorang pelayan dan pada hari yang setia ini 20 Mei 2019, saya menjelajah internet ketika saya bisa menemukan kesaksian seorang wanita Indonesia dengan nama Yohanes Hendra Who dari Kota Bandung, bagaimana Tuhan mengubah kehidupan keuangannya melalui perusahaan pinjaman. Dia meminta saya untuk menghubungi ibu Helen dan dia memperkenalkan saya kepada ibu Helen dan dia memberi saya keberanian dan saya mengajukan pinjaman dari ibu dan ibu Helen, Helen akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman. di perusahaan dan saya mendapat jumlah persis yang saya ajukan dan saya sangat senang.

    Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberi tahu rekan-rekan saya bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman asli yang asli dan ingin mendapatkan pinjaman cepat dengan tingkat bunga 2%, cukup mendaftar melalui Ny. Helen Wilson melalui email: ([email protected]) atau Whatsapp: +1-585-326-2165. Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini, ([email protected]). untuk informasi lebih lanjut.

    ALLAH memberkati kalian semua!
    Terima kasih.

    BalasHapus
  17. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk berhati-hati, karena penipuan ada di mana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan berjanji ini dan itu, pengangguran, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

    beberapa bulan yang lalu, saya tertekan secara finansial dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan kembali bisnis saya, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir putus asa sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

    Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji untuk membagikan kabar baik, agar orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: [email protected]

    dan dengan kasih karunia Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di nomor whatsApp saya +6283809518424 email: [email protected]
    dan teman saya Dian Pelangi yang memperkenalkan saya dan bercerita tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubunginya melalui email: ([email protected]) sekarang,

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke rekening ibu Christabel. Masih bisa hubungi ibu yang baik, What'sApp Number +15614916019 Atau +13108626660

    mohon bijaksana dan semoga Allah membimbing kita semua

    Nama saya Budiwati Permata
    Nomor whatsapp saya +6283809518424
    Pinjaman saya adalah 800 juta
    Perusahaan investasi pinjaman Christael Missan
    Instagram: Christabel Missan
    email: [email protected]
    Whatsapp nomor +15614916019 dan bisa juga hubungi ibu melalui nomor ini +13108626660

    BalasHapus
  18. Saya Miluliua lius dari Indonesia, saya menggunakan Covid-19 Virus kali ini untuk memperingatkan semua kolega, saudari dan saudara lelaki saya di Indonesia. Yang mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. Satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan kepada Anda pinjaman asli adalah RIKA ANDERSON PINJAMAN PERUSAHAAN.

    Saya mendapat pinjaman dari mereka pada bulan April 2020 ini. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 4 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi ibu RIKA ANDERSON mengembalikan impian saya. Ini adalah alamat email asli mereka:

    www.rikaandersonloancompany.com
    email: [email protected]
    Email: [email protected]
    Jalur Kantor: +1(929)526-0086

    Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda mau. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan saya untuk saran.
    Email: [email protected]
    WA: 082235421239

    BalasHapus
  19. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [[email protected]] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:[email protected]>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.850juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    BalasHapus
  20. Nama Perusahaan::"":":":"ONE BILLION RISING FUND
    Gmail Perusahaan:":":":":"::"[email protected] 
    Selamat siang
    Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karenaa saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp150.000.000.00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp150.000.000.00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: """""""((((([email protected]))))))))"""""""karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. "

    BBM: D8E814FC 


    Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah

    Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut (([email protected]))

    Allahu akbar

    BalasHapus
  21. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: ([email protected])

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui ([email protected])

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: ([email protected])

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di ([email protected]) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum
    Saya membawa kabar baik kepada Anda semua warga negara Indonesia di platform ini, Tuhan telah sepenuhnya setia kepada saya dan seluruh rumah saya telah bertahan sejak Mei 2019, kesaksian saya dan kabar baik saya berjalan seperti ini, Nama saya Kartin Kiba dari Jl.P .Biak 9 No. 230 Rt.007 Rw.018 Desa Arenjaya, Jakarta Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, saya adalah seorang pemasar di perusahaan tempat saya bekerja, Suami saya dan saya ingin menggunakan platform ini untuk menginformasikan semua ini. Platform ini membutuhkan dan mencari pinjaman yang tulus untuk berhati-hati karena internet dan blog penuh dengan perusahaan pinjaman palsu dan penipuan yang hanya ada di sini untuk merobek uang hasil jerih payah Anda.

    Suami saya dan saya memiliki hutang besar dan kami memutuskan untuk mencari pinjaman online untuk melunasi hutang kami dan kami menghubungi perusahaan pinjaman dari Singapura yang pada bulan Desember 2018, dan kami ditipu oleh pemilik perusahaan dengan meminta kami untuk membayar banyak biaya yang kami bayar dan pada akhirnya kami tidak mendapatkan pinjaman, kami kehilangan sekitar Rp7.500.000 untuk perusahaan pinjaman palsu di Singapura karena kami mengajukan pinjaman sebesar Rp450.000.000,00 dan dengan semua biaya yang kami bayarkan kami lakukan tidak mendapatkan pinjaman dan suami saya dan saya sangat Frustrasi dan saya dipecat dari pekerjaan saya di perusahaan tempat saya bekerja karena saya juga mengambil pinjaman dari perusahaan tempat saya bekerja dan kami bangkrut dan muak dengan kehidupan.

    Jadi Tuhan itu baik, kami berdoa dan Tuhan mengarahkan kami ke seorang pelayan dan pada hari yang setia ini 20 Mei 2019, saya menjelajah internet ketika saya bisa menemukan kesaksian seorang wanita Indonesia dengan nama Yohanes Hendra Who dari Kota Bandung, bagaimana Tuhan mengubah kehidupan keuangannya melalui perusahaan pinjaman. Dia meminta saya untuk menghubungi ibu Helen dan dia memperkenalkan saya kepada ibu Helen dan dia memberi saya keberanian dan saya mengajukan pinjaman dari ibu dan ibu Helen, Helen akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman. di perusahaan dan saya mendapat jumlah persis yang saya ajukan dan saya sangat senang.

    Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberi tahu rekan-rekan saya bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman asli yang asli dan ingin mendapatkan pinjaman cepat dengan tingkat bunga 2%, cukup mendaftar melalui Ny. Helen Wilson melalui email: ([email protected]) atau Whatsapp: +1-585-326-2165. Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini, ([email protected]). untuk informasi lebih lanjut.

    ALLAH memberkati kalian semua!
    Terima kasih.

    BalasHapus
  23. saudara-saudara

    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan sulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk biaya kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima uang di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman

    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
    ONE BILLION RISING FUND ([email protected])


    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah


      .(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).  .(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).
    `’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLRISINGFUND¨`».(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).([email protected]) .(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ). ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )...(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).  .(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).

    Perusahaan  Alamat Email:::[email protected]
    Nama Perusahaan :: ONE BILLION RISING FUND
    Jumlah Pinjaman ::: Rp.480.000.000.00 IDR Perusahaan
    Perusahaan WHATSAPP: +357 96 431 227
    Nama Saya ::::: EFENDI QUEEN LISA
    Email Saya::::[email protected]
    Negara :::: Indonesia
    Perusahaan Terpercaya

    TARIMA KASIH

    BalasHapus